WRITERVATOR FIM 2023

 

Writervator menjadi program yang bagus dari Forum Indonesia menulis (FIM). Hal penting yang ditawarkan di sini adalah tentang berkolaborasi, belajar, dan menjadi motivator kepenulisan. Fakhrul Arrazi selaku ketua FIM menyampaikan bahwa ini adalah kesempatan baik yang harus dimanfaatkan terutama untuk turut mengembangkan literasi di Indonesia.

Dalam kesempatan ini akan ada 25 writervator yang dipilih untuk bisa mendampingi 1000 calon peserta mengunjungi 3 negara : Malaysia, Singapura, dan Thailand. Ketiga negara tersebut adalah negara-negara yang cukup maju dan layak untuk menjadi bagian studi banding dari segi pendidikan ataupun literasi.

Aktivitas kunjungan yang ditawarkan ini bukan semata-mata wisata atau liburan. Lebih dari itu adalah kegiatan literasi yang dikemas berkunjung ke luar negeri. Tempat yang dituju bukan semata tempat wisata, tetapi mengunjungi tempat pendidikan dan akan cukup meluangkan waktu berdiskusi sekitar pendidikan dan literasi.

Forum Indonesia Menulis (FIM) akan melibatkan Kementerian Pendidikan RI untuk format kegiatannya karena memang ini yang menjadi sasaran kepada siswa, guru, kepala sekolah, dan boleh juga siswa didampingi wali murid. FIM juga akan bekerja sama dengan beberapa sekolah di beberapa negara tersebut untuk bisa berkomunikasi, berdiskusi dan saling bertukar informasi seputar pendidikan sekolah indonesia di luar negeri. Ini tentu juga akan melibatkan kedutaan indonesia untuk terlibat dalam kegiatan tersebut.

Literasi menjadi kunci. Writervator FIM akan menjadi jembatan menemukan peserta dengan beberapa negara tujuan. Writervator akan menjadi mentor dalam proses kepenulisan peserta yang akan ikut serta terlibat dan menghasilkan sebuah karya literasi dari para peserta. Writervator akan menjadi tourleader dalam mengenalkan wisata literasi, edukasi, serta budaya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVALUASI FLS2N 2023 DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MOJOKERTO